Pragmatic Indonesia

Berita

Tak Semua Jadi Rojali-Rohana, Pengunjung Pergi ke Mal Pasti Beli

2025.07.29
Komentar0
Suka0
Penayangan49

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Shinta W. Kamdani, menyoroti fenomena "Rojali" atau rombongan jarang beli dan "Rohana" atau rombongan hanya nanya, yang marak terjadi di pusat-pusat perbelanjaan. Ia menilai tren ini mencerminkan penurunan nyata pada daya beli masyarakat.

Menurut Shinta, dari sudut pandang pelaku ritel, tren tersebut menunjukkan adanya pergeseran perilaku konsumen akibat melemahnya permintaan (demand).

"Kalau kita kaitkan dengan demand, rojali dan rohana itu konsepnya lebih ke daya beli, di ritel sendiri mereka merasakan pelaku-pelaku ritel kami bahwa adanya penurunan demand itu terasa sekali, makannya ada orang yang lebih banyak jalan-jalan," kata Shinta saat ditemui di kantor APINDO, Jakarta, Selasa (29/7/2025).

Statistik

Pengunjung Kemarin
314
Pengunjung Hari Ini
59
Total Posting
17,845
Total Komentar
24,645
Syarat Privasi Kontak Info
ⓒ2025 Pragmatic Indonesia