Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Shinta W. Kamdani, menyoroti fenomena "Rojali" atau rombongan jarang beli dan "Rohana" atau rombongan hanya nanya, yang marak terjadi di pusat-pusat perbelanjaan. Ia menilai tren ini mencerminkan penurunan nyata pada daya beli masyarakat.
Menurut Shinta, dari sudut pandang pelaku ritel, tren tersebut menunjukkan adanya pergeseran perilaku konsumen akibat melemahnya permintaan (demand).
"Kalau kita kaitkan dengan demand, rojali dan rohana itu konsepnya lebih ke daya beli, di ritel sendiri mereka merasakan pelaku-pelaku ritel kami bahwa adanya penurunan demand itu terasa sekali, makannya ada orang yang lebih banyak jalan-jalan," kata Shinta saat ditemui di kantor APINDO, Jakarta, Selasa (29/7/2025).
Statistik
Pengunjung Kemarin
Pengunjung Hari Ini
Total Posting
Total Komentar